Photobucket
Friday, February 09, 2007
KEPADA SAHABAT
Sahabat, ketika pagi terbit, saat itu pula aku sudah terbangun. Hanya saja aku memang tidak terburu beranjak, berusaha mengingat ingat lagi mimpi yang barusan saja terjadi, mereka reka adakah ia pantulan dari segala hal yang teralami serta jadi pengingat dan alasan bagi ku bangun hari ini. Ataukah mimpi adalah mimpi begitu saja...terpotong atau berdiri sendiri, berupa makhluk ganjil yang hidup di dunia bawah sadar kita dan tak hendak berurusan dengan hajat diri, di mana di dalamnya menyelubung Id dan super ego yang tak henti saling tarik dan bertikai.


Sahabat, ketika pagi terbit, karenanya aku tak bisa begitu saja beranjak demi mendamaikan antara aku dan diriku sendiri serta membuat semacam kesepakatan – setidaknya untuk sementara – bahwa apapun yang sedang berlaku adalah karena hidup tumbuh untuk disikapi, dan kita pun tumbuh menjadi kekuatan inti bagi kesadaran melakukan dan berarti.

Segala hal yang terjadi, terasa pahit atau manis, adalah citra citra yang memang niscaya disebabkan putar giling hati dan pikiran serta persentuhannya yang secara langsung kepada dunia luar yang sebenarnya tak an sich luar itu. Karena citra adalah milik kita sendiri, hadir dalam berbagai bentuknya, meski pada akhirnya akan tetap mewujud sebagai wakil dari spirit kesadaran terakhir yang konon telah kita miliki, kita pilih!

Sampai di sinilah aku berkalinya pula lantas dihasut oleh sebuah dorongan asing yang anehnya justru terasa begitu dekat kukenali. Setiap kali ia hadir, aku seperti dikejar sebuah kerinduan yang entah: mengapa tak berlaku seperti layaknya air. Mengalir dan lalu singgah atau bahkan berlabuh di tempat tempat yang ditakdirkan mengambil dan memilikinya?

Ah, serangan semacam ini biasanya sungguh mematikan. Tapi tahukah kamu, bahwa ternyata aku juga masih bertingkah layaknya seorang hero yang menguasai daerah pusat ketegangan,

“Aku bukanlah air!”

kemudian terdengar lagi menyusul suara lain dalam diriku menimpali dengan sinis,

“Lalu apakah gerangan kau ini? Batu?!”

Terkadang tak tahan aku melihat pertengkaran seperti ini. Apakah akan ada manfaatnya? Tapi begitulah, banyak hal naif terjadi – sesuatu yang pasti kaupahami. Terkadang pula ia membutuhkan jawaban ketus dan tanpa hati. Tapi di saat itu kita lakukan, buru buru pula rupa kenyataan itu membentur jidat dan melancarkan kritik pedas, bukankah semua yang berlangsung sudah naif sejak dari awalnya?! Nah, adakah jawaban semacam itu muncul sebagai manifest kesadaran pilihan ataukah memang melecut begitu saja sebagai reaksi tak terkontrol, sikap acuh tak acuh dan bahkan penenggelaman diri dalam stream yang kiranya paling mungkin menjadikan kita merasa tentram demi menautkan diri?

Ya. Begitu banyak tampaknya. Hal hal datang menghampiri, silih berganti, hingga tak jarang pula membuatku merasa seperti masih sedang berada dalam mimpi. Itulah kenapa juga seringnya aku merasa terlalu lama memikirkannya hingga tak sadar hari benar benar sudah terlampau terang untuk disebut pagi, persis seperti sekarang ini. Padahal hari ini aku sudah ada janji, menemuimu di tempat biasa seraya terus bertanya, adakah arti juga hadir di antara persahabatan ini?

Malang, 9 November 2005
0 Comments:
Post a Comment
 
PERHATIAN! Berhubung ini blogger klasik mk ga da navigasi page PREVIOUS-NEXT nya. Jadi pake 'Archives' saja ya.. Thanks!


Video lainnya
Lee Kyung Hae
TERABAS (Breakthrough)
Hidden faces of Globalization
The Dapuranku
Previous Post
Archives
Teman-Teman
Link Exchange





KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Blogger Indonesia
Add to Technorati Favorites
baby-blog
blog-share
ini zaman anti teori

resep masakan indonesia
Women's Diary
EPBLOG
Politics blogs
Manifesto
FPPI
Runi
Tengku Dhani
Malang Blog
Kumpul Cerpen
Dee Idea
Tokoh Indo
Puisi Indo
BengkelVenorika
Malik
Ratna Ningsih
Majapahit
Komter 193
Ragil Ragil
Mbak Ratna
Sajaknesia
Alang Liar
Balimoonlight
Theatreonline
Team Support
Sabudi Prasetyo
Youliens
Hedwigpost
Cepeca
Andi Nur
Adi Suara
A P I
Fath Alhadromi
Sekolah Petani
Hidup Petani
Pecangkul










Lodzi
Copy Paste CODE berikut di page anda dan kami akan me-LINK balik

Free money making opportunity


Previous Posts
NURANI | KECAMUK dan MIMPIKU | SEBUAH SORE | MIMPI KELAMMU | PETISI BURUNG BURUNG | HYMNE atas MARS | MANUSIA SENTOSA | MANIFESTO LELAKI |