Photobucket
Thursday, July 12, 2007
KAKIKU TERPAKU
Aku berjalan
Mengendarai sepotong jarum jam
Detik demi detik aku lewati
Tanpa aku pernah mampu menghentikan geraknya
Atau melompat mengacuhkannya;
Karena turun dari jok itu
Adalah kematian bagiku

Tak tahu …
Tiba-tiba saja aku sudah terduduk di sini
Ketika seorang nenek renta
Dengan tertatih-tatih menghampiriku:
“Pulanglah, hari telah beranjak siang …”

Aku hanya bisa terdiam
Sambil memandang sang nenek itu berlalu;
Kakiku seperti terpaku!

Aku bermain di bebiruan hari ini
Memutar-mutar bola mimpi
Dalam kegersangan pikiran
Seorang kakek
Dengan tatap mata yang dalam ia bertutur kepadaku:
“Anak muda, pulanglah.
Hari telah menjadi siang!”

Aku hanya bisa terdiam
Sambil memandang sang kakek itu berlalu:
Kakiku seperti terpaku

Kembali aku bermain
Memutar-mutar bola mimpi
Kali ini …
Dengan seikat harapan
Ketika tiba-tiba berdiri di depan hidungku
Seorang muda perkasa
Yang dengan mata merah melotot
Ia menghardikku:
“Pulang!!
Hari telah menjadi siang!
Tidakkah kau lihat api
Yang menjalari dapur rumahmu
Tidakkah engkau dengar derai tawa
Yang menindih derai isak tangis
Tidakkah engkau cium
Bau busuk bangkai dalam nafas kamarmu
Tidakkah engkau rasakan kepedihan itu
Memasuki setiap ruang-ruang sempit
Kesadaranmu.


Segerahlah engkau pulang
Sebelum sang matahari
Benar-benar enggan menunggumu
Jangan biarkan saudara-saudaramu itu
Menjelma dewa-dewa
Berdiri angkuh di balik tembok-tembok istana
Yang suaranya menggaung dari menara
Sampai di padas-padas
Ngarai dan samudra
Dan kaudapati;
setiiap waktu mereka mengincar nyawamu. Nasibmu.
Bangunlah! Pulanglah!”

Aku hanya bisa terdiam
Sambil memandang sang perkasa itu berlalu:
Kakiku seperti terpaku!


[ Malang, 5 Mei 1999 ]



0 Comments:
Post a Comment
 
PERHATIAN! Berhubung ini blogger klasik mk ga da navigasi page PREVIOUS-NEXT nya. Jadi pake 'Archives' saja ya.. Thanks!


Video lainnya
Lee Kyung Hae
TERABAS (Breakthrough)
Hidden faces of Globalization
The Dapuranku
Previous Post
Archives
Teman-Teman
Link Exchange





KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Blogger Indonesia
Add to Technorati Favorites
baby-blog
blog-share
ini zaman anti teori

resep masakan indonesia
Women's Diary
EPBLOG
Politics blogs
Manifesto
FPPI
Runi
Tengku Dhani
Malang Blog
Kumpul Cerpen
Dee Idea
Tokoh Indo
Puisi Indo
BengkelVenorika
Malik
Ratna Ningsih
Majapahit
Komter 193
Ragil Ragil
Mbak Ratna
Sajaknesia
Alang Liar
Balimoonlight
Theatreonline
Team Support
Sabudi Prasetyo
Youliens
Hedwigpost
Cepeca
Andi Nur
Adi Suara
A P I
Fath Alhadromi
Sekolah Petani
Hidup Petani
Pecangkul










Lodzi
Copy Paste CODE berikut di page anda dan kami akan me-LINK balik

Free money making opportunity


Previous Posts
BERITA HARI INI | TAK KUJUAL | INFEKSI | TIDAK | DAMAI AGUNGMU NUSANTARA | SEPANTASNYA | PALSU | BERHENTILAH | JANGAN TINGGALKAN AKU, MA | LAKILAKI LEMBAH |